Google Penguin 2.0, Update Algoritma 22 Mei 2013

Google Penguin 2.0, Update 22 Mei 2013 seperti yang diberitakan blog Matt Cutts. Pengaruhnya dirasakan oleh internet marketer di Indonesia pada tanggal 23 Mei 2013. Perbaikan algoritma google pengiun ini membuat SERP (Search Engine Result Page) di google.co.id mengalami perubahan drastis. Beberapa keyword andalan para blogger/ internet marketer tentunya bisa terdepak dari posisi mereka sebelum update algoritma penguin.

Seperti keyword jasa SEO mengalami perubahan yang sangat mencolok, website yang sebelumnya menduduki peringkat pertama turun beberapa tingkat. Namun postingan gloriamandiri.com dengan judul Jasa SEO yang menjadi target peringkat SERP google.co.id mengalami peningkatan yaitu dari page 4 menjadi page 3.

Dengan adanya perubahan algoritma dari sistem pencarian informasi oleh google, tentunya membuat para webmaster/ blogger bertindak untuk melakukan perbaikan-perbaikan teknik seo.
google penguin Google Penguin 2.0, Update Algoritma 22 Mei 2013
Dan yang menjadi ke khawatiran adalah sistem pelaporan sebuah website/ blog spam seperti yang diberitakan oleh Matt Cutts. Memang pihak google akan melakukan analisa pada website yang dilaporkan tersebut, namun hal ini akan dijadikan para pesaing untuk cara-cara yang tidak sehat dari sisi negatifnya. Dan sisi positifnya adalah apabila website kita dibom oleh spammer maka kita dapat melaporkannya.

Kemudian bagi pemilik usaha kecil (UKM) serta yang baru mendirikan usaha (Start Up) dimana mereka mengandalkan teknio SEO sebagai salah satu pola pemasaran. Google Penguin Update 2.0 ini tentunya menjadi hal yang menakutkan. Dimana para pelaku yang memiliki pengetahuan SEO hanya sekedar spam melalui blog dummy dan social bookmarking akan terdepak dari posisi biasa. Jika website pemasaran mereka turun posisinya tentu akan memberikan dampak galau (stress) kepada pemilik usaha tersebut.

Tentunya para pakar dan master SEO, akan bertindak bagaimana mengakali google penguin 2.0 yang baru saja diluncurkan. Karena algoritma penguin 2.0 ini akan memberikan dampak yang sangat dalam bagi para pemain SEO di Indonesia.

Kemungkinan terbesar jurus SEO mengatasi google pengiun 2.0 yang baru saja diluncurkan dengan SEO Onpage. Namun bagaimana dengan building backlink yang benar-benar ampuh untuk meningkatkan SERP website/ blog dan selamat dari sergapan google penguin 2.0 ?

This entry was posted in Search Engine and tagged . Bookmark the permalink.
  • Adi says:

    Saya salah satu korban update algoritma google penguin mas. :/
    biasanya trafik diatas 600UV, ini 200UV aja susah. ngatasinnya gimana ya?

  • Review says:

    google mengamuk mastah 😀

  • yuris says:

    Bener banget. Dampaknya mulai terasa, bikin traffic turun drastis.

  • firdausa says:

    ane juga kena dampaknya gan…
    biasanya UV 3K+ ,sekarang jd 500 . menyakitkan sekali 🙁

    interior-minimalis.com