Hati-hati Transaksi Online

transaksi online Hati hati Transaksi OnlineGM Technology News – Akhir-akhir ini sering terjadi penipuan dalam transaksi online. Ada-ada saja trik seorang penipu melakukan aksinya, dan penipuan transaksi online tidak diperlukan kemahiran yang tinggi tentang teknologi informasi (IT). Dan korban yang berhasil ditipu melalui transaksi online ini biasanya mengenai jual beli barang seperti handphone dan barang-barang lainnya. Jika dinilai dengan nominal biasanya dengan dana sebesar diantara range Rp 1jt sampai dengan Rp 5 jt.

Penipuan transaksi online ini terjadi baik dengan uang ditransfer melalui bank, dan juga terjadi dengan transaksi jual beli paypal. Namun penipuan transaksi online sering terjadi di jejaring sosial facebook. Karena melalui situs pertemanan ini, kadang kala kita tidak awas konfirmasi pertemanan, ataupun kita menambahkan pertemanan walaupun tidak mengenalnya.

Seperti yang dikutip dari okezone.com, permasalahan ini sudah menjadi target dan hal penting bagi Kepolisian. Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Aswin, mengatakan, bagi korban yang merasa tertipu agar langsung melaporkannya ke pihak kepolisian. Lanjutnya, saat ini juga sudah disiapkan untuk langkah antisipasi pertama adalah langsung mengirim kronologis ke email cybercrime@polri.go.id

“Dalam laporan jangan lupa sertakan nomor rekening penipu dan telefon agar segera dilacak,” kata Aswin, Jakarta, Selasa (26/2/2013).

Korban penipuan transaksi online, biasanya tertarik dengan penawaran-penawaran harga murah dari seseorang di internet. Apakah itu penawaran dari sebuah situs periklanan gratis maupun penawaran dari seseorang melalui account jejaring sosial. Namun disini kita sebagai pengguna internet dan ingin belanja online, sangat diharapkan hati-hati dan kritis serta giat mencari informasi terkait info yang menawarkan harga murah.

Jika kita melihat melalui sebuah toko online, rata-rata pengguna internet di Indonesia tidak bisa membedakan mana yang sebuah toko online mana pula sebuah webblog gratisan. Tetapi belum tentu juga sebuah blog gratisan si empunya pelaku penipuan. Disinilah kita dituntut untuk lebih waspada dan giat mencari informasi.

Wawasan penting bagi pengguna internet yaitu sebuah toko online resmi tentunya sipebisnis tidak mau latah. Sebaiknya dengan menggunakan identitas domain seperti .COM dan lebih diakui serta yakin tidak terjadi penipuan yaitu identitas .CO.ID (domain resmi Indonesia untuk sebuah perusahaan).

Domain CO.ID untuk registrasi saja membutuhkan Akta Perusahaan, SITU dan SIUP tentunya jika ada berkas-berkas legalitas ini akan membuat keyakinan kita lebih. Memang domain .COM, sudah banyak dan familiar digunakan oleh penggiat internet. Namun masih ada celah ketika sipelaku penipuan menggunakan domain tersebut untuk melakukan penipuan.

Note : Gloria Mandiri Advanced Technologies menerima bagi masyarakat yang ingin membuat website resmi perusahaannya atau website berupa toko online.

Marilah kita semakin hati-hati dalam beraktifitas di dunia maya, apakah itu belanja online. Browsing di internet mencari informasi serta memberikan komentar dan membuat status di situs jejaring social.

 

This entry was posted in Kejahatan Internet and tagged , . Bookmark the permalink.