ANKARA TURKI Pemerintah Batasi Akses Twitter

PENGADILAN Turki membatasi akses Twitter hanya selang beberapa jam setelah Perdana Menteri (PM) Tayyip Recep Erdogan mengancam menutup media sosial tersebut. Itu dilakukan setelah para pengguna Twitter mengungkap kasus korupsi yang melibatkan Erdogan.

Kemarin, para pengguna Twitter mengatakan, mereka mendapat informasi dari Twitter.com tentang surat perintah pengadilan agar situs media sosial itu ditutup. Surat itu berasal dari regulator telekomunikasi Turki, TIB.
Diduga, alasan pemblokiran itu karena dalam beberapa minggu terakhir sejumlah pengguna Twitter mengumumkan rekaman suara dan dokumen yang mengungkapkan bukti keterlibatan orang-orang sekitar Erdogan.

Kantor berita milik pemerintah Anatolia mengatakan otoritas secara teknis memblokir akses ke Twitter. Pasalnya, pengelola Twitter mengabaikan perintah menghapus sejumlah tautan ilegal.
Dalam menanggapi penolakan penutupan Twitter, Wakil PM Ali Babacan mengatakan penutupan hanya bersifat sementara.
Dia menambahkan, solusi saling menguntungkan akan segera dicapai.

Pihak Twitter masih mempelajari dan belum memberi pernyataan secara resmi. Namun, mereka meminta pengguna Twitter di Turki bisa mengirim pesan melalui pesan singkat. (AP/Reuters/ Drd/T-3/MEDIA INDONESIA, 22/03/2014)

This entry was posted in Berita Teknologi, Web 2.0 and tagged , . Bookmark the permalink.