UKM Pasar Potensial Produk IT

Pasar produk Information Technologi (IT) saat ini tidak bisa lagi hanya mengandalkan segmen pelajar dan corporate (perusahaan) Ada banyak poteni dari segmen lain yang bisa digarap. Terutama segmen usaha kecil menengah. “Saat ini yang menjadi incaran pengusaha IT adalah segmen UKM.

Apalagi, pemanfaatan dunia digital untuk pemasaran dan jual beli produk cukup ampuh. Potensi mereka cukup besar. Khususnya jika mereka tahu manfaat dan keuntungan dalam penggunaan IT. Ini bisa menjadi peluang besar bagi pengusaha komputer,” papar Humas Apkomindo Jawa Timur Oliver J. Setiawan kepada Radar Surabaya (4/11).

Menurut Oliver, tren dan gaya hidup masyarakat saat ini tidak lepas dari penggunaan IT. Karena itu, para pelaku UKM memanfaatkan hal tersebut agar pasar mereka semakin luas dan berkembang. Dia mengatakan, dampaknya bagi pengusaha IT adalah pasar mereka yang lebih luas. Apalagi, jika perusahaan IT berhasil melakukan edukasi kepada para pelaku UKM tentang pemanfaatan IT, pemahaman mereka akan semakin luas. Hal tersebut akan mendorong animo mereka untuk menggunakan perangkat IT.

“Itu menjadi segmen pasar baru yang sedang kami bidik. Upaya sosialisasi dan edukasi yang kami lakukan terhadap para pelaku UKM akan mendorong minat mereka untuk memanfaatkan IT,” jelasnya.

Oliver memaparkan, mayoritas produk UKM masih dipasarkan secara tradisional dan jangkauan pasarnya belum luas. Apabilan mampu memanfaatkan IT, tentu mereka akan cukup terbantu. Karena itu, para pengusaha IT cukup optimistis dan mulai agresif melakukan penetrasi ke segmen UKM. Baik itu di kota besar seperti Surabaya maupun ke daerah-daerah yang berpotensi cukup besar.

Sumber Media Cetak : Radar Surabaya, 5 November 2013. Halaman 5.

This entry was posted in Berita Teknologi and tagged , . Bookmark the permalink.